Pria Muslim Dengan Jabatan Tinggi di Kepolisian Israel

Jamal Hakrush namanya - Seorang polisi Muslim Isrel keturunan Arab baru baru ini mendapat kenaikan pangkat hingga mencapai level pangkat tertinggi yang pernah dicapai seorang Muslim dalam kepolisian Israel.


"Jamal Hakrush" Muslim Pertama Yang Menjabat Sebagai Wakil Komisioner di Kepolisian Israel

Jamal Hakrush memulai pekerjaannya sebagai wakil komisioner setelah bertahun tahun menangani kasus kekerasan antara warga Israel dan Palestina. Jamal Hakrush akan mulai bertugas mengawasi komunitas Arab yang selama ini dianggap tidak percaya terhadap segala hal terkait kebijakan kepolisian Israel.

1/5 dari populasi negara Israel adalah warga keturunan Arab dan mereka kerap mengeluh bahwa kawasan yang mereka tinggali tidak terawasi dengan baik oleh polisi karena pelayanan publik dari pihak kepolisian israel yang tidak terlalu baik. Keluhan mereka didukung Human Rights Watch (HRW) yang sudah merilis beberapa laporan yang menyoroti diskriminasi yang dihadapi oleh warga Arab Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Wakil Komisioner Hakrush berasal dari desa Kafr Kanna di Galilea, dia akan memimpin kesatuan kepolisian yang baru didirikan untuk meningkatkan layanan polisi di komunitas masyarakat Arab. Demikian dikabarkan harian The Times of Israel.

Hakrush dilantik secara resmi untuk posisi barunya sebagai Wakil Komisioner pada hari Rabu (13/4/2016). Salah satu tanggung jawab utama Hakrush adalah untuk menghentikan peredaran senjata ilegal di kalangan komunitas warga keturunan Arab.

Alsheich Komisioner kepolisian Israel juga ingin agar nantinya Hakrush dapat mengurangi kekerasan domestik, kasus pembunuhan dan berbagai kejahatan lain yang terjadi di wilayah warga keturunan Arab. Rencananya Hakrush dan pemerintah Israel akan merekrut 1.300 petugas polisi baru dan mendirikan beberapa markas kepolisian di pusat populasi Arab di Israel. - BBC Indonesia