Layanan SIM Online BRI, Memperpanjang SIM Tak Perlu ke Kota Asal Penerbit

POLRI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia meluncurkan program Surat Ijin Mengemudi Online (SIM Online). Untuk Saat ini pembayaran SIM, pendaftaran SIM, perpanjangan SIM, dan penggantian SIM tidak perlu lagi antre di loket atuan lalu lintas Polres kota asal penerbit SIM.


Masyarakat dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI, Internet Banking BRI atau datang langsung ke Bank BRI. "SIM Online mempermudah masyarakat memperpanjang SIM tanpa perlu datang ke kota asal terlebih dahulu untuk melakukan perpanjangan SIM"
Launching SIM Online

Pemilik SIM A dan SIM C bila hendak melakukan perpanjangan SIM tinggal melakukan pembayaran melalui teller di Unit Kerja Bank BRI di seluruh Indonesia atau dapat juga melalui E-Channel  Bank BRI seperti ATM BRI, EDC BRI dan Internet Banking BRI. Dengan sistem online, pembuatan dan perpanjangan SIM dapat dilakukan di SATPAS / Gerai SIM / SIM Keliling di mana saja. Contohnya, masyarakat yang memiliki KTP domisili Jakarta dapat melakukan perpanjangan SIM di SATPAS Bandung, hal ini dikarenakan data e-KTP telah terkoneksi dengan data e-SIM).

Bank BRI membangun sistem yang dapat menghubungkan 3 server data yaitu server data POLRI, Kementerian Dalam Negeri  (NIK) serta data dari  DJA terkait dengan (PNBP) melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) Generasi .
   
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir saat peluncuran progam SIM online berharap agar fasilitas dari Korps Lalu Lintas POLRI ini dapat mendukung program single identification number yang merupakan proyek besar yang sampai saat ini belum berhasil diwujudkan.

Layanan SIM Online yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia disebut Luhut sebagai sebuah terobosan dari POLRI sebagai wujud optimalisasi layanan kepada masyarakat. Namun demikian saat ini layanan tersebut belum dapat melani seluruh kota di indonesia, baru 45 kota yang database e-KTP dan e-SIM terintegrasi dan dapat memperpanjang SIM secara online. Lihat daftar kota yang terintegrasi dengan layanan perpanjang sim online